lingking dan embbeding ms exsel
Cara menyalin data dari Excel ke PowerPoint:
- Di Excel, pilih cell yang ingin Anda salin.
- Klik tab Home.
- Klik tombol Copy.
- Di PowerPoint, klik lokasi dimana Anda ingin menempatkan cell salinan dari Excel.
- Klik tab Home.
- Klik Paste.
Cara menyalin grafik/chart dari Excel ke PowerPoint:
- Di Excel, pilih grafik yang ingin Anda salin.
- Klik tab Home.
- Klik tombol Copy.
- Di PowerPoint, klik lokasi dimana Anda ingin meletakkan grafik salinan dari Excel.
- Klik tab Home.
- Klik tanda-panah-kebawah tombol Paste.
- Ikuti langkah berikut:
- Klik opsi Chart (Linked To Excel Data) untuk menyalin grafik ke dalam presentasi dan mempertahankan link ke Workbook sumbernya.
- Klik opsi Excel Chart (Entire Workbook) untuk menyalin grafik dan menyalin Workbook ke dalam presentasi.
- Klik opsi Paste As Picture unuk menyalin gambar grafik ke dalam presentasi.
Artikel terkait:
Cara Mengatur Tata Letak Tumpukan Objek Di Excel 2013
Objek yang ada di Worksheet Excel berada pada layer. Layer Worksheet menampung cell Worksheet, layer background menampung semua gambar yang Anda tampilkan di belakang Worksheet, dan layer drawing menampung item seperti Shape dan Clip Art. Ketika Anda menambahkan objek seperti Shape atau gambar ke Worksheet, Excel akan menempatkan objek tersebut pada layer drawing dan di depan semua objek yang ada. Karena itulah mengapa memindahkan objek baru ke tempat yang sama dengan objek lama akan menutup/menumpuki objek yang lama. Anda bisa mengubah susunan objek pada layer drawing untuk mendapatkan hasil yang Anda harapkan.
Cara mengatur tata letak tumpukan objek:
- Klik objek yang ingin Anda pindahkan.
- Klik tab Format.
- Ikuti langkah berikut:
- Klik tanda-panah-kebawah Bring Forward, lalu pilih apakah akan menempatkan objek di depan tumpukan atau memindahkan satu tempat keatas.
- Klik tanda-panah-kebawah Send Backward, lalu pilih apakah akan menempatkan objek di belakang tumpukan atau memindahkan satu tempat ke belakang.
Tips & Trik:
Ketika Anda klik tanda-panah Bring Forward, Anda akan melihat opsi Bring To Front, yang akan meletakkan objek yang dipilih ke depan semua objek yang ada. Demikian juga, jika Anda klik tanda-panah Send Backward, Anda akan melihat opsi Send To Back, yang akan menempatkan objek yang dipilih ke tempat yang paling belakang.
Cara Menyalin Data Tabel Antara Excel Dan Word Di Excel 2013
Seperti halnya Anda membuat Workbook untuk menyimpan dan mengelola data di Excel, Anda bisa menggunakan Word untuk membuat laporan dan dokumen teks untuk menjelaskan dan menyediakan konteks penting untuk data Worksheet Anda. Dokumen Word juga bisa mempresentasikan data pada tabel, yang diatur dalam baris dan kolom seperti Worksheet. Anda bisa menyalin data dari dokumen Word ke Worksheet Excel, dan sebaliknya, dari Excel ke Word.
Cara menyalin data dari Word ke Excel:
- Di Word, pilih tabel yang ingin Anda masukkan ke Excel.
- Klik tab Home.
- Klik tombol Copy.
- Di Excel, klik pada cell dimana Anda ingin menampilkan bagian kiri-atas tabel.
- Klik tab Home.
- Klik Paste.
Cara menyalin data dari Excel ke Word:
- Di Excel, pilih cell yang ingin Anda salin.
- Klik tab Home.
- Klik tombol Copy.
- Di Word, klik lokasi dimana Anda akan menempatkan cell yang disalin dari Excel.
- Klik tab Home.
- Klik Paste.
Cara Menghubungkan (Linking) Dan Menanamkan (Embedding) File Lain Di Excel 2013
Workbook Excel bisa menampung banyak data, dan Anda bisa membuat data Anda lebih bermakna ketika Anda menyertakan file yang dibuat dengan program lain. Misalnya, Anda mungkin memiliki dokumen Word atau presentasi PowerPoint yang memiliki informasi penting sebagai pendukung penyajian data Excel. Anda bisa menyertakan file tersebut pada Worksheet dengan cara menghubungkan (Linking) atau menanamkan (Embedding) file sebagai objek.
Cara menanamkan (Embedding) file pada Worksheet:
- Klik tab Insert.
- Klik Text.
- Klik Object.
- Klik Create From File.
- Klik Browse.
- Navigasikan ke folder yang berisi file yang ingin Anda tanamkan.
- Klik-dua-kali pada file yang ingin Anda sertakan ke dalam Worksheet.
- Klik OK.
Cara menghubungkan (Linking) ke file:
- Klik tab Insert.
- Klik Text.
- Klik Object.
- Klik Create From File.
- Klik Browse.
- Navigasikan ke folder yang berisi file yang ingin Anda hubungkan.
- Klik-dua-kali pada file yang ingin Anda hubungkan.
- Pilih check box Link To File.
- Klik OK.
CARA MENYISIPKAN MS-ECXEL KE MS-WORD
Kembali anda saya suguhkan Microsoft Office tutorial yang saat ini masih menjadi favorit banyak orang sebagai alat bantu dalam melaksanakan tugas kantoran. Topik yang kali ini saya uraikan adalah cara Menyisipkan MS Excel pada MS Word.
Dalam membuat laporan di perkantoran tentunya tidak hanya berbentuk surat dan lampiran saja, tetapi dapat pula berbentuk surat yang didalamnya ada tabel ( tidak menggunakan lampiran ). Secara umum tabel yang tersedia di Microsoft Wordbukanlah spread, sehingga untuk mengakomodasi perhitungan tertentu yang menggunakan rumus atau formula seperti pada spreadsheet semacam Microsoft Excel sangatlah terbatas. Jikapun ada itu hanya pada fungsi auto sum (penjumlahan). Bagi pengguna Microsoft Office yang sudah mahir tentunya ini bukanlah hal yang sulit, tetapi untuk pengguna yang masih baru akan menjadi problem tersendiri.
Dalam membuat laporan di perkantoran tentunya tidak hanya berbentuk surat dan lampiran saja, tetapi dapat pula berbentuk surat yang didalamnya ada tabel ( tidak menggunakan lampiran ). Secara umum tabel yang tersedia di Microsoft Wordbukanlah spread, sehingga untuk mengakomodasi perhitungan tertentu yang menggunakan rumus atau formula seperti pada spreadsheet semacam Microsoft Excel sangatlah terbatas. Jikapun ada itu hanya pada fungsi auto sum (penjumlahan). Bagi pengguna Microsoft Office yang sudah mahir tentunya ini bukanlah hal yang sulit, tetapi untuk pengguna yang masih baru akan menjadi problem tersendiri.
Jika suatu surat yang didalamnya ada laporan dalam bentuk tabel, dan didalam tabel tersebut menggunakan perhitungan yang sedikit rumit, maka solusinya adalah menggabungkan atau menyisipkan spreadsheet dan dalam hal ini adalah Microsoft Excel ke dalam Microsoft Word.
Sebagai contoh dapat dilihat di bawah ini.
Untuk dapat Menyisipkan MS Excel pada MS Word, langkah-langkahnya sebagai berikut :
Klik Insert, Pilih Table dan pilih Excel Spreadsheet seperti pada gambar dibawah ini.
Excel Spreadsheet akan muncul dilayar atau dilembaran Microsoft Word anda seperti gambar dibawah ini :
Untuk mengatur lebar kolom dan baris itu sama dengan mengatur lebar kolom dan baris pada MS Excel ( ya memang ini MS Excel ). yang perlu diperhatikan adalah menambah kolom dan baris sesuai kebutuhan.
Lihat gambar dibawah ini, untuk menambah kolom dan baris gunakan pointer mouse dan sesuaikan dengan panah. Lihat hasilnya. Untuk mengurangi kolom dan baris itu berarti berlawanan dengan arah panah.
Tentang notasi rumus :
Untuk dapat Menyisipkan MS Excel pada MS Word, langkah-langkahnya sebagai berikut :
Klik Insert, Pilih Table dan pilih Excel Spreadsheet seperti pada gambar dibawah ini.
Excel Spreadsheet akan muncul dilayar atau dilembaran Microsoft Word anda seperti gambar dibawah ini :
Untuk mengatur lebar kolom dan baris itu sama dengan mengatur lebar kolom dan baris pada MS Excel ( ya memang ini MS Excel ). yang perlu diperhatikan adalah menambah kolom dan baris sesuai kebutuhan.
Lihat gambar dibawah ini, untuk menambah kolom dan baris gunakan pointer mouse dan sesuaikan dengan panah. Lihat hasilnya. Untuk mengurangi kolom dan baris itu berarti berlawanan dengan arah panah.
Tentang notasi rumus :
pada cell E3 notasi rumusnya adalah =D3-5000000
pada Cell F3 notasi rumusnya adalah =15%*E3
Untuk mengedit data dari Excel Spreadsheet tersebut, sobat cukup doule click saja pada tabelnya, dan tampilannya seperti gambar dibawah ini
EMBED MS-WORD PADA MS EXCEL
Assalammualaikum
Itu akan saya ulas lagi disini, tetapi topik utamanya adalah Embed MS Word pada MS Excel 2010.
Apa itu Embed File?
Embed file adalah menempelkan suatu file yang berbeda format maupun fungsinya.
Dapatkah menulis surat atau laporan di MS Excel serapi pada MS Word?
Bagaimana caranya Embed MS Word pada MS Excel 2010?
Untuk pertanyaan tersebut mari kita jawab dengan mengikuti penjelasan berikut ini.
Tahap 1
Klik menu ribbon yang bernama Insert
Tahap 2
Jika sudah diklik maka akan muncul popup seperti gambar ini
Yang berwarna biru tersebut adalah pilihan kita yaitu Microsoft Word Document, maksudnya untuk menyisipkan format Microsoft Word pada lembar kerja di Microsoft Excel.
Klik bagian itu dan hasilnya terlihat seperti gambar dibawah ini
Tahap 3
Dan akan menjadi seperti gambar di bawah ini
Tahap 4
Tahap 5
Bapak-bapak, Ibu-ibu, Saudara dan Saudari serta Abang-abang juga kakak-kakak yang saya hormati. Tidak lupa pula teman-teman dan adik-adik yang admin jempot2 office sayangi.
Berjumpa kembali kita pada posting saya yang kesekian kalinya setelah lama jarang update blog ini. Dan kali ini saya akan sharing atau berbagi tentang Microsoft excel tutorial dengan topik pembahasan Embed file Microsoft Word pada Microsoft Excel 2010.
Masih ingat dengan cara Menyisipkan MS Excel pada MS Word ? Atau Cara Menghitung umur dan Masa Kerja di excel dan OOO Calc ?Itu akan saya ulas lagi disini, tetapi topik utamanya adalah Embed MS Word pada MS Excel 2010.
Apa itu Embed File?
Embed file adalah menempelkan suatu file yang berbeda format maupun fungsinya.
Dapatkah menulis surat atau laporan di MS Excel serapi pada MS Word?
Saya katakan dapat atau bisa. Karena di MS Excel kita dapat menyisipkan format MS Word agar tatanan atau susunan kalimat dalam suatu laporan bisa menyamai jika kita membuatnya dengan MS Word.
Bagaimana caranya Embed MS Word pada MS Excel 2010?
Untuk pertanyaan tersebut mari kita jawab dengan mengikuti penjelasan berikut ini.
Tahap 1
Klik menu ribbon yang bernama Insert
Arahkan pandangan Anda pada sudut kanan dari seluruh susunan menu Ribbon dan pilih menu ribbon yang bernama Object . Jika sudah ketemu klik aja, objectnya tidak menggigit kok.
Tahap 2
Jika sudah diklik maka akan muncul popup seperti gambar ini
Yang berwarna biru tersebut adalah pilihan kita yaitu Microsoft Word Document, maksudnya untuk menyisipkan format Microsoft Word pada lembar kerja di Microsoft Excel.
Klik bagian itu dan hasilnya terlihat seperti gambar dibawah ini
Tahap 3
Membuat format surat (ketikan surat) pada MS Word yang di embed ( tempel) pada Ms Excel. Pengaturan dan caranya sama dengan cara dan pengaturan umum di MS Word.
Dan akan menjadi seperti gambar di bawah ini
Anda bisa menambahkan shapes atau picture pada bagian ini.
Dengan demikian, maka Anda akan mendapatkan hasil yang lebih rapi seperti layaknya anda membuat laporan dengan MS Word itu sendiri.
Tahap 4
Membuat tabel pada MS Excel sesuai dengan format MS Excel itu sendiri. Dan tentunya Anda sudah mahir membuat format lembar kerja Anda. Atau untuk latihan dapat mengikuti format tabel sesuai dengan gambar di bawah ini.
Tahap 5
Bagian bawah tabel sebagai penutup, bisa dilakukan seperti pada Tahap 1 s/d 3, tapi dapat pula dengan mengkopipastekan hasil yang diatas serta merubah kalimat sehingga menjadi kalimat sebagaimana biasanya kalimat untuk penutup surat.
Hasil dari screenshot (tentang screenshot ini pernah saya bahas pada SCREEN SHOT PADA MICROSOFT EXCEL 2010 ) pada mode Print Preview dapat dilihat seperti gambar dibawah ini
Mengenai rumus pada tabel, akan saya bahas terpisah. Tetapi prinsipnya hampir sama dengan cara menghitung umur dan masa kerja.
SENIN, 22 JULI 2019
MICROSOFT EXCEL
Pengertian Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering digunakan oleh para akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Microsoft Excel juga sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat keuangan dalam rumah tangga sepertihalnya pengeluaran atau pemasukan dalam tiap bulan atau minggu.
Microsoft Excel adalah program kedua yang mandasar dalam suatu computer setelah Microsoft Word, keduanya saling berkaitan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak para akutan yang mengerti dan bisa mengoprasikan program ini tapi bukan hanya seorang akuntan saja yang bisa anak smp pun juga bisa mengoprasikan program ini, karena dibangku smp kita telah mempelajari tentang Microsoft Excel.
Microsoft Excel sangat berguna untuk masalah-masalah keuangan bahkan utang piutang pun juga bisa dicatat dalam program ini. Para ahli computer menciptakannya untuk mempermudah kita dalam keuangan dalam kehidupan kita.
Didalam program ini kita dapat membuat grafik menggunakan program Microsoft Excel. Dengan cara menggunakan bantuan tombol Toolbar Chart Wizard. Kita dapat memilih grafik dengan bentuk yang kita ***, seperti bentuk lingkaran, garis, kolom, area, radar, dan scatter. Kita dapat memilihnya dengan cara mengklik Tab Custom Types.
Didalam program ini kita juga dapat menggunakan Wordart semacam bentuk huruf atau model huruf yang merupakan variasi teks dan juga toolbar drawing yang digunakan untuk membuat garis, kotak, dan lingkaran. Kita dapat menggunakannya dengan cara mengklik insert, pilih picture setelah itu klik Wordart maka akan tampil variasi huruf yang menarik.
Microsoft Excel memiliki fasilitas yang sangat modern yaitu pengurutan data secara otomatis. Cara pengurutannya juga dapat dibedakan menjadi 2 yaitu 1. Ascending atau pengurutan mulai data yang terkecil sampai terbesar.
ADAPUN SLIDE PEMBELAJARAN BISA DILIHAT DILINK BERIKUT INI
SELASA, 07 MEI 2019
SELAMAT DATANG MAPEL INFORMATIKA
Saat ini, dunia sudah memasuki era generasi Z. Bulan lagi milenial. Konon, kita sedang menuju ke Revolusi Industri 4.0. Ditandai dengan munculnya superkomputer, robot pintar, kendaraan canggih tanpa sopir, editing genetik, serta pengembangan fungsi otak secara maksimal melalui neuroteknologi. Semua itu berbasis pada teknologi komputer dan pengolahan data digital.
Namun, sadarkah kita semua kalau sejak 4-5 tahun terakhir kita malah menjauh dari teknologi komputer itu sendiri? Buktinya, Kurikulum Nasional 2013 (Kurikulum 2013) telah menghapus mata pelajaran (mapel) TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) atau mata pelajaran Komputer dari peredaran. Mapel TIK bukanlah hal yang wajib (harus) diberikan di bangku sekolah.
Asumsinya, karena semua sarana komputer, informasi digital, keterampilan menggunakan komputer bisa dilakukan secara mandiri. Contohnya, game online menjamur di mana-mana. Warnet, tersedia di kios-kios pinggir jalan. Smartphone bukan barang baru bagi anak sekolah, dan seterusnya. Tapi ujung-ujungnya, Ujian Nasional (UN), sejak 2 tahun terakhir berganti menjadi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Sesuatu yang anomali!
Tak pelak, begitu mapel TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dihapus dari peredaran, langsung membuat galau semua guru TIK di jenjang SMP dan SMA. Galau yang bersifat pribadi, administrasi maupun institusi. Banyak guru mapel yang kehilangan ladang garapan. Tidak ada cantolannya lagi di sekolah, karena mapel yang diajarnya tidak ada di struktur kurikulum.
Mapel Komputer (TIK) hanya bersifat bimbingan. Bukan kegiatan wajib. Bisa dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Akibatnya, guru kehilangan pekerjaan utama mengajar di kelas. Artinya, tidak ada (berkurang pula) take home pay. Hilang pula tunjangan sertifikasi! Miris.
MAPEL INFORMATIKA
Namun kegelisahan, kegalauan tingkat dewa serta "protes", terutama oleh guru mapel TIK, akhirnya dijawab pemerintah (Kemendikbud). Di akhir Desember 2018, Pak Muhajir Effendi, selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, membuat gebrakan dengan menganulir kebijakan lama.
Beliau mengeluarkan 2 kebijakan penting sehubungan dengan mata pelajaran komputer ini. Yakni Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 36 Tahun 2018 dan Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018.
Permendikbud Nomor 36 tahun 2018, berisi tentang perubahan atas Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMA/MA. Yang mana, seperti kita ketahui, di Permendikbud 59 Tahun 2014, tidak lagi mencantumkan mapel TIK di jenjang SMA/MA. Maka, sejak diberlakukannya Permendikbud 36 tahun 2018 ini, maka di jenjang SMA/ MA, mata pelajaran Komputer (TIK) akan diberlakukan kembali. Namanya bukan lagi TIK atau Komputer tapi informatika.
Secara eksplisit tertulis di Permendikbud 36/ 2018, ada pasal perubahan yakni Pasal 10A: Pelaksanaan pembelajaran informatika sebagai mata pelajaran pilihan dilaksanakan mulai tahun ajaran 2019/ 2020 sesuai kesiapan sekolah.
Hal serupa juga diberlakukan di jenjang pendidikan dasar (SD dan SMP), yang dituangkan dalam Permendikbud 37 Tahun 2018. Di sana tertulis, ada pasal tambahan 2A yang menyuratkan: Muatan Informatika pada SD/ MI digunakan sebagai alat pembelajaran dan atau dipelajari melalui ekstrakurikuler dan atau muatan lokal. Sedangkan untuk jenjang SMP/ MTs diberlakukan kembali mata pelajaran TIK dengan nama informatika.
Gebrakan Pak Menteri Muhajir kali ini patut diapresiasi dan diacungi jempol. Terbitnya Permendikbud 36 tahun 2018 dan 37 Tahun 2018, adalah langkah tepat dan konkret untuk memenuhi kebutuhan dasar peserta didik dalam mengembangkan kemampuannya pada era digital.
Bagaimana mungkin menyiapkan generasi muda yang melek komputer dan digital, jika dalam keseharian di sekolah mereka sama sekali tidak menyentuhnya? Baik secara praktik maupun teori.
Computational Thinking
Seakan tak mau setengah-setengah, maka terbitnya permendikbud ini pun segera dibarengi dengan terbitnya KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar). KD disusun sebagai acuan dasar bagi guru saat mengembangkan dan menyampaikan materi di kelas.
Dibanding mapel TIK yang terdahulu, sepintas mapel informatika ini memberi ruang dan target lebih besar untuk proses pembelajaran informatika di sekolah. Sebagai gambaran paling tidak ada 7 KD yang harus dikuasai oleh peserta didik yang meliputi: Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Teknik Komputer, Jaringan Komputer (Internet), Analisis Data, Dampak Sosial Informatika, Berpikir Komputasional (tematis) serta Praktik Lintas Bidang..
Melihat KD mapel informatika, agaknya kurikulum ini sudah dirancang dengan sangat matang serta mempertimbangkan kebutuhan masa depan. Sepintas, Kompetensi Dasar yang dimunculkan adalah kompetensi yang sangat menantang dan tidak dangkal alias ecek-ecek. Buktinya ada KD Teknik Komputer, Jaringan Komputer sampai Berpikir Komputasional. Ini adalah indikator materi yang lumayan berat (bagi saya yang bukan guru komputer).
Artinya, untuk menguasai mata pelajaran informatika dengan baik, diperlukan seperangkat alat yang memadai, buku pelajaran yang bagus serta guru yang kompeten dan profesional.
Peserta didik tidak diajari sekedar MS Word, Excel atau Power Point. Harus lebih dari itu. Maka tantangannya, tidak bisa guru mapel lain nyambi jadi guru informatika, sekedar untuk nambah jam saja. Maka, sudah ditegaskan oleh pak Menteri, mapel informatika diberlakukan di tahun 2019 menyesuaikan dengan kesiapan sekolah.
Sekarang bola ada di sekolah (satuan pendidikan). Sekolah punya waktu paling tidak 6 bulan ke depan menyiapkan diri. Di tahun 2019 ini harus benar-benar berbenah serta menyiapkan diri dengan baik, agar mata pelajaran informatika dengan alokasi waktu antara 3-4 jam di sekolah (1 jam = 45 menit), bisa dilaksanakan secara maksimal dan optimal. Harapannya, peserta didik siap untuk mengarungi jagad revolusi 4.0 dengan aman, selamat dan lancar.
Welcome Back Mata Pelajaran Komputer (Informatika)
RABU, 01 MEI 2019
HARDIKNAS 2019
MINGGU, 21 APRIL 2019
MEMPERINGATI HARI KARTINI
Kartini adalah salah satu Tokoh wanita Indonesia yang mengangkat derajat kaum Hawa sama dengan kaum Adam baik dalam segi perlakuan pendidikan maupun politik. Dengan adanya kartini peran wanita sangat penting dalam segala hal, karena wanita adalah simbol utama kecerdasan, terutama dalam keluarga. Berikut ini adalah sejarah kartini di Indonesia SEJARAH KARTINI
RABU, 10 APRIL 2019
Cara Membuat Scroll Bar Pada Widget Blog
Cara Membuat Scroll Bar Pada Widget Blog - Setelah Anda membaca dan mempelajari artikel tentang cara membuat scroll bar pada artikel blog yang ada di blog ini, selanjutnya pada artikel kali ini Anda dapat mempelajari cara membuat scroll bar untuk widget blog seperti popular post, recent post atau widget yang lainnya. Tentunya Anda telah mengetahui bahwa scroll bar berfungsi untuk memperpendek ruang penempatan tulisan atau script yang terlalu panjang, sehingga tulisan atau script tersebut tidak terlalu memanjang ke bawah atau ke samping.
Untuk membuat scroll bar di widget hampir sama dengan membuat scroll bar didalam artikel. Jika Anda ingin menambahkan scroll bar pada widget blog Anda, ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Log In ke blog Anda.
2. Masuk ke menu blog.
3. Klik "Tata Letak".
4. Pada bagian tata letak, klik "Tambahkan Gadget".
5. Klik "HTML/JavaScript".
6. Copy kode dibawah ini, paste kedalam kolom konten widget Anda.
<div style="overflow:auto; width:auto; height:200px; padding:10px; border:1px solid #dedede;"> Kode HTML/JavaScript
</div>
</div>
- "Kode HTML/JavaScript" adalah untuk menempatkan kode/script widget Anda.
7. Setelah menempatkan kode/script Anda, Klik "Simpan".
Selain cara tersebut diatas, Anda juga dapat menggunakan cara yang berikut ini :
1. Log In ke Blog Anda.
2. Masuk ke menu blog.
3. Klik "Template".
4. Klik "Edit HTML".
5. Klik "Format template".
6. Temukan kode ]]></b:skin>
7. Copy kode dibawah ini, paste diatas kode ]]></b:skin>
#PopularPosts1 .widget-content{
height:250px;
width:auto;
overflow:auto; }
height:250px;
width:auto;
overflow:auto; }
- "PopularPosts1" adalah kode widget popular post yang akan dibuatkan scroll, ganti kode tersebut sesuai dengan widget yang Anda inginkan. Berikut ini cara untuk mengetahui kode widget Anda:
- Buka widget Anda.
- Lihat pada sudut kanan atas alamat widget Anda.
8. Setelah selesai menempatkan kode, klik "Simpan template".
Demikian Cara Membuat Scroll Bar Pada widget Blog yang dapat Anda lakukan. Dengan menempatkan widget kedalam kotak scroll, maka tampilan widget dapat disesuaikan agar terlihat serasi dengan widget lain dan terlihat lebih menarik. Semoga bermanfaat.
SELASA, 09 APRIL 2019
Cara Mendesain Blog Agar Keren dan Menarik
MEMAHAMI STRUKTUR TEMPLATE SEBELUM MENDESAIN BLOG
Kebanyakan blogger pemula sering melupakan hal sederhana ini. Yaitu : tentang dasar mendesain sebuah blog.
Inilah yang membuat blogger pemula merasa sulit ketika bertemu dengan bahasa coding yang lebih rumit dari ngertiin cewek itu.
Jadi, ada baiknya jika baru mulai belajar membuat desain blog sendiri untuk memahami dulu struktur apa saja yang ada di sebuah template.
Penjelasan ini sebenarnya sudah pernah Pangeran bahas di cara merapikan tampilan blog, tapi supaya lebih jelas akan Pangeran jelaskan kembali.
1. Header
Header Blog adalah bagian kepala atau bagian paling atas di dalam sebuah blog. Pada bagian header, biasanya terdapat Judul Blog dan Deskripsi blog. Namun, itu yang biasanya.
Untuk beberapa blog kadang ditambahkan button social media, banner, dll.
Penulisan script Header biasanya diawali dengan code
<header>
dan diakhiri dengan </header>
. Pada script inilah kalian bisa mengedit title
dan description
dalam sebuah blog.2. Sidebar
Sidebar Blog adalah bagian dalam tata letak suatu blog. Biasanya, sidebar blog memiliki 2 posisi, yaitu di kanan atau kiri. Ada juga beberapa template blog menampilkan di kedua posisi tersebut.
Hal ini kembali ke selera dari penggunanya.
Pada sidebar blog dapat ditambahkah widget pendukung untuk memudahkan pembaca menavigasi blog kalian. Seperti contohnya Widget Arsip Blog, Kategori, Artikel Terbaru, Profil dll.
Mengenai bagaimana cara mengatur tata letak di sidebar akan Pangeran jelaskan di bab selanjutnya.
3. Post
Post Blog adalah hasil dari keseluruhan konten yang sudah kamu tulis dan upload. Pada post biasanya menampilkan Judul, Isi Konten dan Kolom Komentar.
Pada konten, kalian bisa menambahkan mulai dari teks, foto, video, gif, embed, dll.
4. Footer
Footer Blog adalah bagian kaki atau bagian paling bawah dari sebuah blog. Pada footer, biasanya terdapat informasi hak cipta (credit title) dari blog dan ada juga ditambahkan widget di beberapa template blog.
Pada template default blogger, penulisan codenya dimulai dari
<footer>
dan diakhiri dengan </footer>
.
Bagaimana? Sekarang kalian sudah mulai pahamkan, apa saja yang ada di dalam sebuah template blog.
Nah, sekarang Pangeran akan melanjutakan ke panduan tentang cara desain blog supaya menarik. Selengkapnya di bawah ini.
CARA MENDESAIN BLOG DI BLOGGER/BLOGSPOT
Sebenarnya, jika kalian rajin membaca Google Answer tentang Mengubah Desain Blog, tentunya sudah tidak perlu Pangeran lanjutkan lagi bagaimana supaya bisa mendesain blog sendiri.
Tapi, memang Pangeran akui sendiri bahwa Google Answer masih menjawab perihal pertanyaan mendasar.
Jadi, wajar saja jika kalian yang baru memulai blog, masih merasa bingung dengan apa yang dijelaskan.
Nah, supaya gak bingung, mari kita mulai membahasnya.
Cara mengedit desain template blog di blogger :
- Masuk ke Blogger.com
- Pilih blog mana yang ingin kalian desain templatenya
- Pada menu sebelah kiri, silahkan klik Template
- Klik Sesuaikan (jika ingin mengedit tanpa mikirin coding) dan klik Edit HTML (jika mau mencoba mengedit dengan coding)
- Pada menu sebelah kiri, kalian bisa memilih Template, mendesain Latar Belakang, Lebar Blog, Tata Letak dan Tingkat Lanjut.
- Jika sudah selesai, klik Terapkan ke blog di kanan atas
- Untuk melihat hasil desain, klik Lihat Blog di kanan atas.
Sampai di sini, mungkin kalian masih ada bingung pada beberapa fungsi yang Pangeran jelaskan di atas.
Makanya, sekarang Pangeran akan jelaskan apa saja fungsi yang bisa diterapkan pada masing-masing menu pada dashboard desain blogger.
Setelah klik Template pada menu di kiri. Maka akan tampil dua pilihan Sesuaikan atau Edit HTML.
Kedua tombol ini memiliki fungsi yang sama, tapi mereka memiliki cara yang berbeda.
Ketika kalian klik Sesuaikan, maka akan tampil dashboard desain blog yang sangat mudah untuk mengaturnya.
Begini penjelasan fungsi-fungsi menu di dashboard desain blogger :
- Template : menu ini memberikan pilihan template default yang sudah disiapkan oleh blogger yang bisa digunakan dan dicustomize dengan mudah.
- Latar Belakang : menu ini digunakan untuk mengubah background dan tema warna utama dari template yang dipilih
- Sesuaikan Lebar : menu yang satu ini tentunya untuk mengatur seberapa lebar blog yang akan kamu miliki. Bukan cuman lebar keseluruhan blog, tapi bilah samping yang berarti pembagian lebar sidebar dan post di blog kamu. Masih ingatkan apa itu sidebar dan post?
- Tata Letak : menu ini digunakan untuk mengatur tata letak isi (apakah ingin menggunakan sidebar, atau tidak dll). Dan juga tata letak kaki yaitu footernya ingin 3 colom widget atau hanya satu. Bukan cuma itu saja, kalian juga bisa menambahkan widget pada sidebar yang akan Pangeran jelaskan di bab selanjutnya.
- Tingkat Lanjut : menu ini adalah menu yang sering Pangeran gunakan, karena pada menu ini kalian bisa mengubah warna judul, deskripsi, garis yang ada di blog. Selain itu, bisa juga mengubah font dan ukuran dari font judul blog, judul konten blog, deskripisi blog, judul sidebar, dll.
Nah, sekarang gimana?
Apakah sudah mengerti atau bingung? Kalau bingung, tanya di komentar, ya.
—0o0—
Selanjutnya Pangeran akan membahas tombol ke-2. Yaitu Edit HTML.
Ketika kalian klik edit html, tampilannya akan sangat berbeda dengan tombol sesuaikan :
Jadi, untuk mendesain blog pada Edit HTML ini, Pangeran sudah siapkan panduan di bawah ini yang bisa kalian coba terapkan di blog.
Komentar
Posting Komentar